Inilah Cara Tepat Merawat Pendengaranmu Agar Tidak Mengalami Gangguan!

Indera pendengaran seseorang tidak dijamin bakal tetap sehat seiring usia yang terus bertambah dan dapat dipastikan kemampuannya akan semakin berkurang dimakan oleh waktu, tidak hanya pendengaran tetapi fungsi penglihatan juga bisa mengalami hal yang sama. Biasanya kondisi ini dianggap normal oleh setiap orang yang sudah lanjut usia, tetapi sebaliknya di zaman milenial ini banyak kaum muda yang sudah mengalami gangguan pendengaran begitu cepat, lalu apa penyebabnya?

Hal seperti itu bisa terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat selain itu tidak pandai merawat pendengarannya dengan baik sehingga mengalami gangguan begitu cepat di usia muda. Untuk itu simak tips berikut ini untuk merawat pendengaran dengan benar dari sekarang supaya tidak mengalami kerusakan di usia yang masih muda, dan tips ini juga tetap berlaku bagi orang dewasa ya guys!

1. Kurangi pemakaian alat earphone maupun headphone

Mulailah mengontrol pemakaian anda terhadap alat pendengaran ini dari sekarang, karena resikonya untuk merusak pendengaran cukup tinggi, bagi yang hobi mendengarkan musik atau menikmati film menggunakan earphone atau headphone setidaknya gunakan paling lama 1 jam dan usahakan ada jeda 5 menit agar indera pendengaran tidak tertekan dan kesehatannya masih terjamin.

2. Volume musik disarankan tidak terlalu tinggi

Punya kebiasaan mendengarkan musik dengan tingkat volume yang besar sebaiknya pikirkan resikonya mulai dari sekarang karena itu akan membuat pendengaran anda mudah rusak. Menurut National Health Service menyarankan bahwa 60 persen sudah paling cukup untuk tingkat suara yang didengar untuk mencegah gangguan pendengaran tentunya.

3. Lindungi pendengaran ketika punya hobi ke konser musik

Khusus yang suka menghadiri tempat konser musik alangkah baiknya untuk tidak terlalu lama mendengarkan suara yang tentunya sangat besar di tempat tersebut, berikan jeda terhadap telinga untuk relaks sesaat agar indera pendengaran tidak terlalu tertekan setelah berada lama di acara tersebut.

4. Direkomendasikan menggunakan earplug

Tentunya tidak asing dengan alat satu ini yaitu earplug yang berperan untuk memberikan perlindungan kepada telinga ketika menghadapi situasi dimana suara yang masuk begitu besar atau bising secara berlebihan. Selain itu earplug bisa mencegah benda asing agar tidak mudah masuk ke lubang telinga yang cenderung menyebabkan rusaknya pendengaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *