Masalah Kesehatan Akibat Kelebihan Asupan Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi penting yang biasa terdapat pada buah dan sayur. Vitamin C mempunyai peran penting untuk menjaga system kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit. Selain itu, vitamin C juga mempunyai peran penting dalam menyembuhkan luka, meningkatkan fungsi otak dan juga menjaga kesehatan tulang. Asupan vitamin C yang terlalu berlebihan juga akan dapat menimbulkan efek samping untuk tubuh seperti gangguan kesehatan.

1. Mengalami Bantu Ginjal
Para dokter mempercayai jika terlalu banyak mengkonsumsi suplemen vitamin C bisa mengakibatkan seseorang mengeluarkan senyawa oksalat dan asam urat pada urin. Senyawa ini dapat memicu pembentukan batu ginjal. Menurut para penelitian kalau terdapat seorang wanita yang menderita batu ginjal sesudah mengkonsumsi 4 gram atau lebih setiap harinya selama 4 bulan.

2. Mengakibatkan Osteofit
Sebuah studi menemukan kalau adanya kadar vitamin C yang tinggi pada tubuh menaikan kemungkinan seseorang akan mengalami taji tulang atau osteoforosis. Seseorang yang kadar vitamin C rendah mempunyai resiko terkena reamatik atau masalah persendian yang cukup membuat penderitanya menderita.

3. Nutrisi yang Tidak Seimbang
Gangguan kesehatan yang mengakibatkan asupan vitamin C terlalu berlebihan seperti rusaknya kemampuan tubuh untuk memproses nutrisi lain. Vitamin C bisa untuk mengurangi kadar vitamin B-12 dan tembaga pada tubuh. Kehadiran vitamin C juga bisa untuk meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh, yang bisa mengakibatkan tingkat zat besi yang terlalu tinggi.

4. Kerusakan Organ
Membantu dalam penyerapan zat besi, dengan mengkonsusmsi vitamin C yang terlalu berlebihan malahan akan bisa meningkatkan masuk nya zat besi. Oleh karena itu mengakibatkan timbulnya kondisi hemokromatosis atau penumpukan zat besi yang dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh seperti jantung, hati, kelenjar tiroid, pancreas dan juga system saraf pusat.

5. Gangguan Efektivitas Niacin-simvastatin
Mengkonsumsi suplemen vitamin C bisa membuat gangguan pada kemampuan tubuh dalam meningkatkan kolestrol HDL pada orang yang memakai obat kombinasi Niacin-simvastatin. Obat ini menggabungkan Niacin dengan simvastatin yang biasanya dipakai oleh orang yang mengobati kolestrol tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *