4 Danau Terbesar Di Dunia

Danau merupakan salah satu badan air besar yang kehadiranya sangat diperlukan oleh manusia dalam menjalani roda kehidupan. Pada umumnya, danau terbentuk dari proses glacial, aktivitas vulkanik, aktivitas tektonik atau manusia yang memang sengaja menciptakannya. Di antara semua danau yang ada di dunia, terdapat beberapa danau yang menempati peringkat terbesar di dunia.

1. Danau Superior
Danau superior ini dapat di katakana sebagai danau terbesar di dunia dan mendapatkan peringkat danau air tawa terbesar di dunia. Bukan hanya itu saja, danau superior ini juga mendapatkan peringkat sebagai danau terbesar di Amerika dengan luar sekitar 83.514 km².

2. Danau Victoria
Kalau danau Victoria di golongkan sebagai danau terbesar di Amerika, maka danau Victoria ini juga tidak kalah luasnya. Danau yang dengan luas 70.485 km² ini merupakan danau terbesar di benua afrika. Apabila di bandingkan dengan danau terbesar lainnya, danau Victoria ini juga sebenarnya sangat dangkal, hanya mempunyai kedalaman 40 meter – 84 meter saja.

Danau ini mempunyai kurang lebih 3.000 pulau yang tidak memiliki penghuni di dalamnya. Meskipun begitu, danau sampai pulau yang berada di danau ini juga menjadi sebuah destinasi wisata yang terkenal di benua afrika.

3. Danau Michigan
Sama seperti danau Victoria, danau Michigan ini merupakan danau terbesar di amerika atau dapat disebut sebagai great lakes. Tidak sama dengan great lakes lainnya yang terbuka melewati amerika dan kanada, danau yang dengan luas sekitar 59.016 km² ini berada di dalam amerika serikat.

Danau Michigan ini melewati daerah Manitowoc, Benton harbor dan Ludington. 3 daerah ini berbentuk segitiga yang terdapat banyak orang di sana, danau Manitowoc ini sering disebut sebagai kembaran segitiga Bermuda.

4. Danau Baikal
Danau Baikal ini terletak di rusia yang menempati peringkat pertama dengan kisaran ke dalaman 844 meter – 1.652 meter. Selain itu danau yang menadahkan 90% air tawar rusia ini merupakan danau tertua di dunia. Danau Baikal ini di taksir sudah ada sejak 25 tahun yang lalu. Danau yang mempunyai luas sekitar 31.500 km² ini juga banyak menyimpan jenis endemic asli rusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *