Orang Tua Adalah Orang Tepat Untuk Menanyakan Saran Soal Kehidupan

Menyeimbangkan Kehidupan Dengan “Secukupnya” Agar Tetap Menjadi Manusia Yang Memanusiakan 

Semakin dewasa pasti kita akan menemukan semakin sulit jalan kehidupan ini. Semakin merasakan likuk pikuk kehidupan. Semakin sulitnya, masalah-masalah dalam kehidupan, semakin rumit. Bahkan kadang kita harus mengalami sejumlah masalah dalam satu waktu. Sehingga itulah rasanya sudah jatuh, tertimpa tangga pulak. Dan itu kadang membuat kita merasa tidak mampu untuk hidup. Kadang itu membuat kita merasa sangat drop, dan ingin menangis sepanjang hari.

Orang Tua Adalah Orang Tepat Untuk Menanyakan Saran Soal Kehidupan

Semua orang pada akhirnya akan mengalami hal seperti itu. Mau cepat atau lambat, pasti akan ada saatnya, mau kita lahir di lingkungan kumuh atau lingkungan elit, akan ada dimana masa-masa kita rasa itu adalah hidup kita berada di posisi terendah. Rasanya sangat berat. Rasanya tidak mampu, sehingga kadang rasanya kita hanya memiliki raga yang bergerak tanpa jiwa. Dan di situ kita akan mulan ragu, ragu akan keberadaan Tuhan. Di saat itu, kita akan di uji sekali. Soal iman kita, kepercayaan kita.

Sehingga di saat itu, kita akan di uji, apakah akan menjadi seseorang yang semakin dekat dengan Tuhan, atau malah semakin jauh dengan Tuhan. Dan di masa-masa itu, kadang kita tidak ada tenaga untuk menceritakan masa sulit kita kepada orang. Karena untuk tenang menceritakan pun tidak ada. Dan rasa percaya kita akan sangat terbatas. Sehingga sulit untuk mempercayakan seseorang untuk membagikan keluh kesah kita. Atau kadang kita merasa tidak ingin merepotkan orang, atau membuat orang khawatir akan keadaan kita. Sehingga kita lebih memilih untuk tidak menceritakannya sama sekali.

Tapi di saat seperti itu, kita membutuhkan seseorang untuk membagi keluh kesah kita. Untuk setidaknya meringankan hati kita. Untuk membuat kita lebih tenang dan memiliki pandangan baru sehingga kita memiliki jalan keluar untuk masalah kita. Dan kita harus memilih orang yang tepat untuk itu. Dan orang yang tepat untuk itu adalah orang tua. Dan ya, meskipun kita tidak ingin orang tua khawatir, tapi orang tua yang sudah duluan merasakan manis asin kehidupan, sehingga orang tua akan menjadi orang yang tepat untuk membagi dan menanyakan saran soal kehidupan. Dan percayalah, saat anda membagi dengan orang tua. Rasanya akan jauh sekali lebih baik.