Kesalahan Dalam Berkomunikasi Dapat Menyebabkan Masalah Yang Besar

Kesalahan Dalam Berkomunikasi Dapat Menyebabkan Masalah Yang Besar

Beberapa orang menyepelekan hal seperti komunikasi. Merasa komunikasi adalah hal kecil, yang dimana semua orang juga tahu cara berkomunikasi yang baik dan benar. Ada beberapa orang berpikir, orang sudah tahu berbicara, itu sudah berkomunikasi. Dan mereka pasti sudah tahu bagaimana untuk berkomunikasi dengan baik dan benar. Padahal itu tidak sama sekali. Memang berbicara itu sudah bentuk komunikasi. Tapi komunikasi tidak sesimpel itu. Seperti semua orang bisa menggambar. Tapi bagus tidaknya sebuah gambar itu relatif kan. Begitu juga dengan komunikasi. 

Kesalahan Dalam Berkomunikasi Dapat Menyebabkan Masalah Yang Besar

Tidak hanya berbicara, kita langsung menganggap orang tersebut dapat berkomunikasi dengan baik. Kita tidak bisa berpikir sesimpel itu. Karena komunikasi itu harus memang dipelajari. Tidak asal-asalan berucap dan berkata-kata. Kalau kita hanya mengandalkan yang penting bisa berbicara, maka akan sering terjadi masalah dan kesalahan dalam komunikasi, sehingga orang akan sering mengalami miss komunikasi. Orang dapat berbicara dan berkata-kata, tapi belum tentu bisa menyampaikan sesuatu dengan benar. 

Kita semua,siapapun itu, tanpa terkecuali, harusnya belajar bagaimana berkomunikasi dengan baik dan benar, dengan tepat. Sehingga apa yang ingin kita sampaikan ke orang, informasi apa yang ingin kita sampaikan pada orang lain, dapat tersampaikan dengan baik dan benar. Dan orang tersebut dapat menangkap informasi dan maksud kita. Tanpa ada satu hal yang terlewatkan. Karena di dunia ini banyak sekali masalah yang terjadi karena dimulai dari salah sambung. Dimulai dari kesalahan komunikasi.

Antara orang yang memberikan informasi tidak bisa menyampaikan dengan baik. Atau orang yang menerima informasi tidak dapat menerima dengan baik informasi yang disampaikan. Ada banyak hal yang terlewatkan, pun kalau tidak terlewatkan, ada beberapa hal yang salah diartikan oleh orang tersebut. Sehingga bisa terjadi masalah. Masih mending kalau masalah yang terjadi adalah masalah kecil. Tapi kalau sampai memicu perang, itu bukanlah hal sepele. Karena perang dunia pun awalnya terjadi karena kesalahan komunikasi ada pemberian dan penerimaan informasi yang keliru.