Semua Orang Memiliki Pilihan Untuk Berharap Pada Orang Atau Tidak

Banyak Orang Yang Tidak Memiliki Pemikiran Sepertimu Jadi Pahamilah Itu

Mungkin kalian pernah mendengar pernyataan atau kalimat, jangan pernah berharap pada manusia. Jangan pernah berharap lebih pada orang lain. Karena itu akan menyakiti dirimu. Karena itu bisa membuatmu hancur. Karena satu-satunya orang yang bisa kita harapkan dan percayai adalah diri kita sendiri. Pasti kalian sering mendengar hal ini. Mungkin ada beberapa tanggapan yang datang karena pernyataan ini. Ada yang setuju, ada yang tidak. dan memang ada benar dan salah nya juga. Tergantung dari mana kita memandangnya. Dari sudut mana kita melihat dan menilai hal tersebut. 

Semua Orang Memiliki Pilihan Untuk Berharap Pada Orang Atau Tidak

Dan itu memang dampak baik atau buruk juga bagi kita. Semua itu tergantung kita menangkapnya seperti apa. Seperti apa kita merespon hal tersebut. Kenapa orang mengatakan jangan menggantungkan harapan pada orang lain, jangan berharap pada manusia, karena itu tidak bisa menjamin kalian bisa bahagia, malah akan sebaliknya. Saat itu dipatahkan itu akan sangat hancur berkeping-keping. Karena hati orang kita tidak akan pernah tahu. Kita tidak akan pernah tahu apa isi hati dan pikiran seseorang. Mau sedekat apapun kita dengan orang tersebut. 

Mau seintens apa pun kita dengan orang tersebut kalau. 24/7 kita bersamanya, dan kita merasa kita sudah tahu luar dalam orang itu. Dan kita menaruh harapan besar padanya. Kita bergantung padanya. Tapi pada nyatanya kita tidak bisa benar-benar tahu seperti apa cara berpikirnya. Seperti apa isi kepalanya. Apa yang dia pikirkan. Apa yang dia rasakan. Kita hanya mengira, kita hanya berasumsi, dan itu hanya pemikiran kita. Jadi bisa saja sewaktu-waktu harapan kita dipatahkan dan dihancurkan olehnya. Dan itu sangat mungkin terjadi. 

Mau berharap atau tidak, semua tergantung kita. Anggap saja ungkapan itu sebagai pengingat, bukan sebagai sesuatu yang harus diikuti. Karena hidup kita, pilihan kita, kita yang paling tahu, jadi kita jalani saja. Dan pun kalau kita ingin berharap pada orang lain. Pastikan kalian sudah menyiapkan diri untuk menahan rasa sakit saat jatuh.