MANFAAT DARI KETAN HITAM

Tidak semua orang Indonesia pastinya tidak sarapan dengan yang berat-berat di pagi hari, salah satu sarapan yang tidak berat namun mengenyangkan yaitu bubur ketan hitam. Sebagian orang pastinya menyukai bubur ketan hitam untuk dijadikan sebagai sarapan, karena selain memiliki rasa yang lezat juga porsinya yang pas. Namun tak di sangka juga ternyata manfaat ketan hitam ini sangat baik untuk kesehatan.

Tidak heran lagi kalau manfaat ketan hitam ini sangat baik untuk kesehatan karena memiliki kaya akan kandungan nutrisinya. Jika kalian sudah mengetahui kandungan nutrisinya, mungkin anda sudah paham mengapa ketan hitam ini sangat di percaya untuk menyehatkan tubuh.

Berikut beberapa manfaat bubur ketan hitam seperti :
1. Menyehatkan pencernaan
Serat memiliki peran penting untuk tubuh manusia apalagi untuk sistem pencernaan, maka dari itu serat sangat di percaya dapat mengobati berbagai penyakit seperti diabetes, diverkulitas sampai jantung.

2. Mencegah penyakit jantung
Apakah pernah muncul di pikiran anda mengapa ketan hitam berwarna sangat gelap? ketan hitam pada umumnya memiliki kandungan flavonoid yang bernama antosianin yang biasanya dapat di temukan pada sayuran dan buah. Warna pekat eglap pada ketan ini menandakan bahwa makanan ini sangat kaya akan antosianin.

3. Mencegah obesitas
Jangan heran jika kalian merasa kenyang setelah memakan bubur ketan hitam ini, karena selain bisa mengenyangkan kandungan serat yang ada pada ketan hitam ini juga bisa mencegah kalian untuk mengkonsumsi makanan secara berlebih

4. Mengandung lebih banyak protein daripada nasi putih
Untuk membatasi mengkonsumsi nasi putih mungkin sudah sering kalian sangat sering di dengar, karena kandungan karbohidrat di dalam nasi putih ini lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan proteinnya.

Jika kalian mengkonsumsi bubur ketan hitam saja rasanya tidak lengkap jika tidak ditambahkan dengan santan karena santan juga ternyata bisa menambah cita rasa yang asin dan gurih jika dicampurkan pada bubur ketan hitam. Namun apakah kalian tahu bahwa bahaya santan ini bisa merugikan kesehatan anda karena santan sudah termasuk makanan yang sangat tinggi kalorinya.

Agar anda dapat merasakan manfaat dari ketan hitam ini sebaiknya anda bisa mencoba mengkonsumsi makanan bubur ketan ini tanpa menggunakan santan agar mendapatkan khasiat yang sangat baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *